Thursday, March 31, 2011

Jalan Satu Arah Kota Pangkalpinang


PANGKALPINANG – Hari ini, uji coba Jalan Satu Arah (JSA) yang diprogramkan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, untuk menertibkan dan mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Jalan Sudirman akan dilaksanakan.
Untuk menyukseskan uji coba tersebut, Pemkot Pangkalpinang bekerjasama dengan Satuan Polisi Lalulintas (Sat Lantas) Polres Pangkalpinang, akan menerjunkan 91 orang petugas yang akan ditempatkan disetiap persimpangan, yang menjadi jalan masuk menuju JSA dan jalan buangan.
Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Kota Pangkalpinang, Eko Budi Hartono di ruang kerjanya, Kamis (31/3) kepada wartawan menjelaskan, dalam kerjasama tersebut, pihak Sat Lantas Polres Pangkalpinang menerjunkan 50 orang personil, 26 petugas Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan 15 orang Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
“hari ini Jum'at 1 April 2011 uji coba mulai dilaksanakan. Kita harapkan masyarakat bisa bersabar. Jika pada awal kegiatan ini akan banyak kendala untuk menuju lokasi yang dituju. Tapi, nantinya ada petugas di setiap persimpangan, yang akan memberikan petunjuk agar jalur mana yang bisa ditempuh supaya bisa cepat,” ujar Eko.
Uji coba JSA tahap I dilaksanakan mulai dari Taman Merdeka hingga Perempatan Columbia, setiap kendaraan dari arah Utara, diwajibkan menuju arah Selatan, baik dari Puncak, Jalan Pelipur dan sekitarnya, begitu juga kendaraan dari Jalan RE Martadinata yang masuk ke Pusat Kota. Sedangkan kendaraan yang akan menuju arah Utara, diwajibkan berbelok ke kanan atau ke kiri yakni menuju Ramayana diteruskan ke Jalan RE Martadinata ataupun Masjid Jamik ke Jalan A Yani.
“Kalau nanti dicegat petugas, bukan berarti akan di tahan atau di tilang, melainkan ditunjukkan arahnya, terkecuali jika memang tidak menggunakan helm dan tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM),” tukasnya.
Kemarin, Petugas gabungan yang diterjunkan mengikuti Apel pemantaban guna koordinasi terkait penerapan jalur satu arah tersebut, di halaman Mapolresta Pangkalpinang.
Wakapolres Pangkalpinang Kompol Rudi yang memimpin apel mengatakan, koordinasi antar intansi harus benar-benar di jaga terkait dimulainya sosialisasi penggunan jalur satu arah. “Untuk program penggunaan jalur satu arah inikan instansi yang terlibat tidak cuma dari kepolisian, karena itu koordinasi harus benar-benar diperhatikan. Kita juga akan membangun sebuah Posko yang lokasinya masih belum bisa ditentukan untuk mempermudah pengaturan,” terang Rudi.
Ditegaskan Wakapolresta, selama proses sosialisasi penggunaan jalur satu arah, petugas dari Polantas ditekankan untuk tidak ada penilangan. “Selama sosialisasi polantas ditekankan untuk tidak ada penilangan bagi pengguna jalan yang memakai jalur satu arah tersebut,” tegas Rudi.
Rencananya sosialisasi penggunaan jalur satu arah akan diujicobakan selama tiga bulan hingga menunggu respon dan tanggapan dari masyarakat selaku pengguna jalan.
“Dari dinas perhubungan menyatakan program sosialisasi penggunaan jalur satu arah akan dilaksanakan selama tiga bulan hingga menunggu respon balik dari masyarakat. Informasinya mereka juga sudah mempersiapkan beberapa rambu lalu lintas yang akan di pasang di ruas-ruas jalan yang digunakan satu arah tersebut,”pungkas Rudi. (df/mg30/3)

2 comments:

Unknown said...

Jalan-jalan ke Pangkalpinang semoga tidak salah jalan dan kena tilang. Saat ini jala-jlannya lewat blog dulu.

Pangkalpinang Cities said...

semenjak diberlakukannya jalan satu arah malah kota pangkalpinang jadi g' teratur dan mengundang macet, hheheheh

Post a Comment